PROGRAM KELUARGA HARAPAN

Meraih Keluarga Sejahtera

BBPPKS Sumatera Selenggarakan Diklat P2K2 / FDS PKH E-Learning


Sumber : Humas BBPPKS Padang
Posting : Admin An
Tanggal : 2020-06-11


Bagikan Berita

PADANG (11 Juni 2020) - Diklat P2K2/FDS PKH E-learning Tahap Sinkronus yang diselenggarakan BBPPKS Regional I Sumatera, hari ini, Kamis (11/6)  telah memasuki hari yang ketiga. Di hari ketiga ini,  materi yang dibahas fasilitator adalah tentang review Modul Pendidikan dan Pengasuhan Anak (PPA) secara keseluruhan dan sesi 5 dari Modul Pengelolaan Keuangan dan Perencanaan Usaha (PKPU) yaitu mengenai mengelola keuangan keluarga.

Para fasilitator merupakan widyaiswara dari BBPPKS Regional I Sumatera dan Pusdiklat Kesos Kementerian Sosial RI. Selain diberikan materi, dalam kesempatan itu peserta juga melakukan praktek berperan sebagai fasilitator yang membawakan materi salah satu sesi pada modul PPA dan PKPU.

Peserta yang tampil membawakan materi sesi kemudian diberikan review dan masukan terkait penampilannya.

Diklat P2K2/FDS PKH merupakan diklat yang ditujukan kepada pendamping PKH untuk meningkatkan skill dan tehnik pendamping dalam menjalankan perannya sebagai fasilitator materi pada kegiatan P2K2/FDS.

Diklat P2K2/FDS Tahap Sinkronus berlangsung selama 10 hari dengan jumlah jam pelatihan sebanyak 58 jamlat.

Dalam diklat tersebut, peserta diajarkan berbagai teknik dalam menfasilitasi atau menyampaikan materi kepada audience melalui Materi Teknik Fasilitasi. Selain teknik fasilitasi, materi penting lainnya yang disampaikan dalam diklat ini antara lain materi Pendidikan dan Pengasuhan anak, materi Pengelolaan Keuangan dan Perencanaan Usaha, materi Kesehatan dan Gizi, materi Perlindungan Anak, dan materi Kesejahteraan Sosial (Disabilitas dan Lanjut Usia).

Materi-materi tersebut merupakan bahan substansi yang akan disampaikan Pendamping kepada KPM pada saat kegiatan P2K2/FDS. Komponen utama dalam diklat P2K2/FDS PKH adalah komponen praktek.

 

Penulis :
Humas BBPPKS Padang
Editor :
Annisa YH
Penerjemah :
Humas BBPPKS Padang