PROGRAM KELUARGA HARAPAN

Meraih Keluarga Sejahtera

Warung Kopi PKH, Tempat Nongkrong Edukatif Terbaru di Kota Ternate


Ternate (15 Maret 2021) - Sumber Daya Manusia Program Keluarga Harapan (PKH) bersama Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Ternate mendirikan Warung Kopi (Warkop) PKH di jantung kota untuk melayani, menjangkau, dan menarik minat masyarakat untuk mendapatkan informasi tentang program ini.

“Inisiatif yang sangat positif dan unik ini merupakan sebuah ikhtiar untuk mengedukasi masyarakat dan menyosialisasikan PKH,” kata Kepala Dinas Kota Ternate Burhanuddin Abdul Kadir di Kota Ternate, Senin.

Selain itu, lanjutnya, Warkop PKH juga mempromosikan produk-produk buatan ibu-ibu para Penerima PKH. Saat ini sebanyak 10 orang KPM menitipkan produk-produknya di Warkop PKH untuk dijual.

Warkop PKH juga menjadi tempat berbagi ide, wahana diskusi dan koordinasi bagi pihak-pihak terkait serta lembaga lain yang fokus terhadap penanggulangan kemiskinan di Kota Ternate. Bahkan penerima PKH juga bisa datang dan menyampaikan berbagai kendala secara langsung ke Pendamping PKH.

“Di sini karena konsepnya adalah Warkop, maka kami bangun suasana yang santai, tidak monoton dan kaku sehingga seluruh kalangan masyarakat dapat berpartisipasi aktif,” katanya. 

Koordinator PKH Kota Ternate Nakir Syafi mengatakan Warkop PKH ini juga dimanfaatkan untuk kegiatan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) yang wajib diikuti ibu-ibu penerima PKH setiaps atu bulan sekali.

“Kegiatan ini terus kami lakukan bersama ibu-ibu PKH dengan menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan penularan dan penyebaran Covid-19,” katanya.

Keberadaan Warkop PKH ini juga didukung  oleh Bulog Ternate, Polres Kota Ternate, Dinas Sosial Propinsi Maluku Utara, Dinas Perumahan Rakyat dan Pertanahan Kota Ternate serta LSM Gerappli.

 

Dukungan dari berbagai elemen tersebut menjadi sebuah harapan supaya Warkop PKH diharapkan berdampak signifikan bagi pengembangan program koordinasi lintas Dinas/Badan/Lembaga. Warkop PKH juga menjadi embrio pasar bagi produk KPM serta menjadi tempat munculnya ide dan kreativitas SDM PKH.

 

Warkop PKH Kota Ternate yang didanai oleh SDM PKH ini terbentuk pada Desember 2020. Waktu operasional Warkop yang berlokasi di Taman Kota Ternate pada hari Jumat dan Sabtu pukul 16.00-22.00 WIT.

 

Narahubung:

Kamelia Damiti-Pendamping PKH Kota Ternate


Sumber : Kamelia Damiti-Pendamping PKH Kota Ternate
Posting : Kurnia Angga, Dit Jaminan Sosial Keluarga
Tanggal : 2021-03-15


Bagikan Berita