PROGRAM KELUARGA HARAPAN

Meraih Keluarga Sejahtera

500 ANAK PKH TOBA IKUTI GERAKAN BETA KULIAH


Balige 12 April 2021

                Gerakan Beta (bahasa Toba “Ayok) Kuliah adalah salah satu gerakan inovasi Gerakan Pemberdayaan yang dilakukan oleh SDM PKH Toba. Kegiatan ini dilakukan sejak tahun 2018 sampai tahun ini. Kegiatan ini adalah geraka advokasi anak KPM PKH Toba untuk menggunakan akses KIP-Kuliah di jenjang Pendidikan Tinggi. Setelah diumumkan nya Pengumuman SNMPTN Tahun 2021 sebanyak 29 Anak KPM PKH  Lulus di Berbagai Perguruan Tinggi di berbagai daerah.

Untuk mendorong partisipasi anak dalam  mengakses KIP-Kuliah, hari ini melalui Dinas Sosial Kabupaten Toba  melalui PKH Kabupaten Toba Bekerjasama dengan Institut Agama Kristen Negeri Tarutungg (IAKN) Tarutung kembali melakukan sosialiasi Gerakan Beta Kuliah dan KIP Kuliah di Institut Agama Se-Indonesia yang dibawakan oleh IAKN Tarutung. Bertempat di Gedung Sentra Pemuda Balige, Acara Hari ini Dibuka Oleh Bupati Kabupaten Toba yang diwaikili Oleh Bapak Asisten  II Sahat Manullang,SP dalam sambutannya mengajak Anak-Anak KPM PKH untuk menggunakan sebanyak mungkin akses pendidikan demi memberatas kemiskinan, senanda dengan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Toba dr.Rajaipan O Sinurat menyatakan bahwa hal ini merupakan inovasi baru yang dilakukan SDM PKH Toba dan patut di apresiasi, karena akan menaikan aksesibiltas anak dalam menjangkau pendidikan. Laporan Kegiatan yang dibawakan oleh Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Kabupaten Toba, Kegiatan ini akan dilaksakana selama 4 hari dengan 4 tempat yang berbeda dengan sasaran 500 Anak dan menggunakan 2 sesi pagi dan siang, selama kegiatan tetap dilakukan dengan Protokol Kesehatan.

Pihak-Pihak yang  hadir dalam kegiatan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Toba, Perwakilan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, Camat Balige dan Camat Tampahan. Pihak IAKN sebagai Narasumber mengadirkan Rektor IAKN Prof.Dr Lince Sihombing dan Wakil Rektor III IAKN Dr.Johari Manik,M.Pd. SDM Pelaksana yang Hadir meliputi Plt. Koordinator Kabupaten Toba dan SDM PKH Kecamatan Balige dan Tampahan

Tanica Simatupang, Anak KPM PKH dari Kecamata Balige sangat senang dengan kegiatan ini dan akan langsung mendaftar dalam Selnas KIP KULIAH yang dilaksanakan oleh IAKN Ambon, dan berharap akan masuk dalam proses kegiatan ini. Semoga Gerakan Beta Kuliah ini tetap akan menjadi pioner perbaikan  kualitas SDM di Kabupaten Toba.

 

Narahubung
Rammen Andino Sinaga
Plt.Koordinator PKH Kab.Toba


Sumber : Rammen Andino Sinaga Plt.Koordinator PKH Kab.Toba
Posting : Kurnia Angga, Dit Jaminan Sosial Keluarga
Tanggal : 2021-04-12


Bagikan Berita