PROGRAM KELUARGA HARAPAN

Meraih Keluarga Sejahtera

BERITA


Herman Susilo Koordinator Peningkatan Kapasitas Dit.JSK

Pendamping Ajak Lansia KPM PKH Banjiri Vaksin Covid-19




Jakarta (9/6)
Antusiasme lanjut usia Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) mengikuti vaksin covid-19 tampak merata di sejumlah daerah di Indonesia. Di Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah misalnya, lima orang lansia yang antri menerima vaksin covid-19.

“Masih ada tiga belas lansia yang antri untuk vaksin covid,” ungkap Kahfi pendamping sosial PKH Kecamatan Kapuas Timur, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Kegiatan yang dilaksanakan di Puskesmas Anjir Serapat Desa Anjir Mambulau Timur dibanjiri KPM PKH. Abdul Hadi lansia penerima vaksin mengaku senang karena lebih terlindungi. “Alhamdulillah saya senang karena diantar oleh Mas dari PKH,” tutur pria 65 tahun. Dengan bantuan Pendamping PKH hampir semua Lansia KPM PKH di Kecamatan Kapuas Timur, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah menerima Vaksin  


Semangat vaksinasi juga terlihat di Blitar Jawa Timur. Sebanyak 500 orang mengikuti vaksin di Kantor Desa Sidodadi Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar Rabu 9  Juni 2021.

Pendamping sosial PKH Kecamatan Garum Andini Wibawanti mengajak KPM PKH untuk saling menjaga diri dari penyebaran virus covid-19 pada gerakan vaksinasi masal. “Ini sekaligus praktek baik modul 3 Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2),” ujarnya semangat.

Andini tampak memberi arahan pada Sudarmi lansia KPM PKH dampingannya. “Saya senang diantar Mbak Andini ikut vaksin,” tutur Sudarmi KPM Lansia 71 tahun.

Gerakan vaksinasi yang dilaksanakan di berbagai wilayah juga dimanfaatkan SDM PKH guna melindungi dampingannya.

SDM PKH di seluruh Indonesia telah menyambut gerakan ini sebagai bagian mengubah perilaku KPM agar menjadi lebih peduli dan sehat. “Gerakan Vaksinasi Lansia KPM PKH di seluruh Indonesia adalah bukti nyata dukungan dalam mengatasi pandemi di Indonesia,”tutup Ari Widiyanto Kasubdit Sumber Daya  Direktorat Jaminan Sosial Keluarga Kementerian Sosial RI.


Sumber : Herman Susilo Koordinator Peningkatan Kapasitas Dit.JSK
Posting : Kurnia Angga, Dit Jaminan Sosial Keluarga
Tanggal : 2021-06-09


Bagikan Berita