PROGRAM KELUARGA HARAPAN

Meraih Keluarga Sejahtera

BERITA


Humas Ditjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI

Pendamping PKH Proaktif Bantu Lansia Jalani Vaksinasi Covid-19




KAPUAS TIMUR, (9/06/2021) – Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) bergerak proaktif mendukung vaksinasi Covid-19 untuk Lanjut Usia (Lansia) penerima PKH, di sejumlah daerah di tanah air. Di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, misalnya, hampir semua Lansia penerima PKH sudah tervaksinasi dengan bantuan pendamping.

“Masih ada tiga belas lansia yang antri untuk vaksinasi covid,” kata Pendamping Sosial PKH Kecamatan Kapuas Timur Kahfi yang ditemui saat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Anjir Serapat, Desa Anjir Mambulau Timur

Dengan bantuan mobilisasi dari para Pendamping PKH, hampir semua Lansia penerima PKH di Kecamatan Kapuas Timur, dapat menerima vaksin. Salah satu lansia Abdul Hadi (65), mengaku senang dapat bantuan mobilisasi dari pendampingnya.

“Alhamdulillah saya senang karena diantar oleh Mas-mas dari PKH,” katanya. Hal tersebut juga terlihat di daerah Blitar, Jawa Timur. Sebanyak 500 orang mengikuti vaksinasi di Kantor Desa Sidodadi, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar, Rabu (09/06).

Pendamping PKH Kecamatan Garum, Andini Wibawanti mengajak para Lansia penerima PKH untuk saling menjaga diri dari penyebaran virus covid-19 melalui vaksinasi massal ini.

“Ini sekaligus praktek dari modul 3 Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2),” ujarnya.

Gerakan vaksinasi yang dilaksanakan di berbagai wilayah juga dimanfaatkan SDM PKH guna melindungi dan membantu dampingannya.

SDM PKH di seluruh Indonesia telah menyambut gerakan ini sebagai bagian mengubah perilaku KPM agar menjadi lebih peduli terhadap kesehatan.

Sementara Kementerian Sosial RI telah bersurat kepada seluruh Kepala Dinas Sosial provinsi dan kabupaten/kota perihal pelaksanaan Vaksinasi Mandiri Covid-19.

Salah satu point yang ditekankan dalam surat yang ditandatangani oleh Direktur Jaminan Sosial Keluarga Rachmat Koesnadi adalah agar Dinas Sosial Provinsi/Kabupaten/Kota dapat mengikutsertakan SDM PKH
dalam pelaksanaan Vaksinasi Covid-19, serta SDM PKH dapat mengakses layanan vaksin secara mandiri dan tidak dikenakan biaya

“Gerakan Vaksinasi Lansia KPM PKH di seluruh Indonesia adalah bukti nyata dukungan dalam mengatasi pandemi di Indonesia,” kata Direktur Jaminan Sosial Keluarga, Kementerian Sosial RI, Rachmat Koesnadi dalam keterangan tertulisnya.


Sumber : Humas Ditjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI
Posting : Kurnia Angga, Dit Jaminan Sosial Keluarga
Tanggal : 2021-06-09


Bagikan Berita