PROGRAM KELUARGA HARAPAN

Meraih Keluarga Sejahtera

BERITA


Dedi Pendamping PKH Kabupaten Kediri

Tingkat Konsumsi Susu di Indonesia 3 Sendok per Hari, PKH Kabupaten Kediri Gelar Aksi Minum Susu Bersama




Kediri (9/10)
Rendahnya tingkat konsumsi susu di Indonesia menjadi perhatian khusus Pelaksana Program Keluarga Harapan (PPKH) Kabupaten Kediri. Hal itu terungkap dalam kegiatan minum susu bersama yang dihelat di lapangan Dusun Sidorejo, Desa Medowo, Kecamatan Kandangan, pada Sabtu (9/10/2021).

"Menurut data Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) tingkat konsumsi susu per kapita masyarakat Indonesia adalah 16,27 kg/kapita/tahun atau sama dengan 3 sendok makan per hari," ungkap Koordinator PKH Kabupaten Kediri Totok Agung Pujiharto.

Oleh karena itu pihaknya berinisiatif menggelar aksi Gerakan Minum ASI dan Susu Segar (GEMASS). Kegiatan yang digelar hasil kolaborasi Yayasan Keluarga Harapan (YKH) dengan PPKH Kabupaten Kediri itu dilaksanakan di lapangan Dusun Sidorejo, Desa Medowo, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri, Jawa Timur Sabtu (9/10/2021).

“Kegiatan ini juga merupakan rangkaian gerakan cegah dan atasi stunting atau centing yang telah kami launching Kamis 7 Oktober 2021,” tambah Totok.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial kabupaten Kediri Drs. Suharsono, MPd menyambut baik aksi yang dihadiri 200 orang itu. "Aksi semacam ini sangat membantu pemerintah kabupaten Kediri menekan angka stunting yang saat ini mencapai 14,1persen," tutur Suharsono.


Hal senada disampaikan anggota Komisi 2 DPRD Kabupaten Kediri Feni Widayati, S.Pd mendukung kegiatan tersebut. "Ini akan menjadi contoh untuk kolaborasi lintas perangkat daerah dalam rangka atasi stunting di Kabupaten Kediri," ujar mantan pendamping PKH tersebut.

Ketua YKH Kabupaten Kediri, Suparman yang juga pendamping PKH mengatakn dipilihnya Desa Medowo sebagai lokasi kegiatan karena sentra produksi susu sapi asli Kabupaten Kediri ada di Desa tersebut. “Jadi potensi Desa Medowo sangat besar untuk membantu meningkatkan konsumsi susu masyarakat,” kata Suparman.

Rangkaian acara GEMASS ini resmi dilaksanakan dengan ditandai pelepasan balon ke udara oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kediri Drs Suharsono MPd. Setelah itu acara dilanjutkan dengan minum susu oleh seluruh peserta dan flash mob menari bersama diiringi jingle cegah stunting.

Acara yang dihadiri juga oleh Camat Kandangan dan Anggota DPRD Kabupaten Kediri tersebut dilanjutkan dengan penampilan anak PKH berprestasi. Acara juga dimeriahkan oleh anak anak KPM PKH dengan Lomba menulis surat untuk Presiden Jokowi dan Lomba melukis dengan cekakik.
(Dedi)


Sumber : Dedi Pendamping PKH Kabupaten Kediri
Posting : Kurnia Angga, Dit Jaminan Sosial Keluarga
Tanggal : 2021-10-09


Bagikan Berita