PROGRAM KELUARGA HARAPAN

Meraih Keluarga Sejahtera

BERITA


Purwanto - Korkab Jepara

PKH Jepara Raih penghargaan, Karena Inovasi dalam laporan penyaluran.




Jepara, 10 Desember 2021- Penghargaan sebagai pelaksana program PKH terbaik ditingkat jawa tengah tahun 2021, diberikan kepada PKH Jepara dalam rangkaian acara rekonsiliasi penyaluran batuan tahap 4, oleh PKH provinsi Jawa Tengah, bertempat di hotel Lor In karang anyar.

Acara rekonsiliasi dihadiri oleh Kapusdatin, Dir jaminan sosial keluarga secara daring, Hadir secara Luring, Kepala dinas sosial provinsi jawa tengah beserta jajarannya,  Himbara serta perwakilan Korkab/ Korkot PKH seluruh Jawa Tengah.

Sarjimo dalam sambutanya mengatakan bahwa tujuan acara rekonsiliasi ini adalah:

  1. Sosialisasi tertib data penyaluran Bansos PKH
  2. Pencocokan data KPM yang sudah dan belum melakukan pencairan
  3. Mengetahui penyebab KPM yang tidak melakukan pencairan beserta solusinya.

Secara umum tujuan rekonsiliasi, kususnya poin 1 dan 2 selaras dengan program prioritas PKH Jepara pada tahun 2021 yakni semangat digitalisasi untuk menjawab  permasalahan yang seringkali terjadi terkait penyaluran yaitu Sering terjadinya data selisih ketika rekonsiliasi dengan Bank Penyalur serta belum tersedianya data dukung penyaluran secara rapi. Oleh karena itu, dalam rangka menyelesaikan permasalahan tersebut PPKH Jepara membuat aplikasi berbasis web dengan nama The Rekon.

Tujuannya untuk memastikan proses pelaporan penyaluran terjaga validitasnya. Melalui upload data dukung penyaluran dan nantinya data dukung tersebut terarsip secara digital, selain sebagai data dukung penyaluran, arsip digital memudahkan semua SDM untuk mengaksesnya Ketika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Selain untuk mendukung penyaluran dalam perjalannannya aplikasi The Rekon berkembang untuk mendukung semua jenis bisnis proses PKH. Diantaranya untuk:

  1. Database/ mandatory KPM berbasis data dukung (KK, KTP pemilik rekening dan pengurus, KKS, Rumah, Foto KPM, Butab)
  2. Data dukung proses graduasi
  3. Cek kepesertaan DTKS terbaru
  4. Laporan bulanan dan FDS
  5. Rekap permasalahan ditingkat kabupaten
  6. Pengganti pemutakhiran manual by excel
  7. Kartu peserta PKH

Harso Susilo selaku Kepala Dinas Provinsi Jawa Tengah, Mengucapkan terimakasih dan Apresiasi kepada SDM PKH yang sudah berusaha secara maksimal untuk melakukan penyaluran Bansos secara maksimal. secara kusus untuk kabupaten Jepara yang telah memiliki sistem sendiri untuk tertib administrasi dalam penyaluran. kalau memungkinkan bisa jadi sistem tersebut akan kita replikasi ditingkat provinsi.

Selain menjadi pelaksan PKH terbaik tahun 2021, PPKH Jepara juga mendapatkan juara ketiga, penghargaan bagi SDM pelaksana. dalam hal ini diraih oleh Faisal pendamping akses PKH Kecamatan Karimunjawa.


Sumber : Purwanto - Korkab Jepara
Posting : Kurnia Angga, Dit Jaminan Sosial Keluarga
Tanggal : 2021-12-10


Bagikan Berita