PROGRAM KELUARGA HARAPAN

Meraih Keluarga Sejahtera

BERITA


Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Sosial RI

Pemerintah Provinsi Babel Dukung Penuh Penyelenggaraan Rangkaian HKSN 2021




BANGKA BELITUNG (15 Desember 2021) – Kementerian Sosial menghelat Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tahun 2021 di Provinsi Bangka Belitung (Babel).
 
Rangkaian HKSN diawali dengan kegiatan Lintas Batas Kesetiakawanan Sosial (LBKS) di dua tempat, yaitu di Kantor Desa Air Anyir, Kec Merawang dan kedua di LKS Al Kautsar, Kec Sungailiat, Kab Bangka. 
 
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel mendukung penuh perhelatan akbar HKSN tahun 2021 yang disampaikan langsung oleh Wakil Gubernur Provinsi Bangka Belitung (Babel) Abdul Fatah didampingi Kepala Dinas Sosial Provinsi Babel. 
 
“Kami mendukung HKSN 2021 dan dijadikan pendahulu bangsa membangun kesetiakawanan sosial nasional untuk mempertahankan UUD 1945 dan mewujudkan keinginan bersatu dan berbulat tujuan bergerak bersama-sama,” ujar Wakil Gubernur Provinsi Babel Abdul Fatah, Selasa (14/12). 
 
Kegiatan LBKS ini, kata Abdul Fatah, merupakan rangkaian yang tidak terpisahkan dari HKSN tahun 2021 yang puncaknya bakal dihelat pada 20 Desember 2021 dan hari ada dua kegiatan dan Gubernur Babel berada di tempat berbeda.
 
“Pak Gubernur tidak bersama kami di sini, karena menghadiri acara serupa di tempat lain dari rangkaian LBKS dan untuk kegiatan pendahuluan di Kabupaten Bangka Barat mulai 18-19 Desember mendatang, ” ungkap Abdul Fatah. 
 
LBKS sebagai bagian dari rangkaian HKSN 2021 diisi dengan penyaluran bantuan sosial dari Kemensos, BUMN, lembaga kemanusiaan dan berbagai pihak terkait berupa bantuan bagi para penyandang disabilitas. 
 
“Melalui kegiatan ini yang menghadirkan kawan-kawan dari Kemensos, Dinas Sosial provinsi. Semoga apa yang diberikan bermanfaat dan membawa pesan kesetiakawanan sosial dirasakan manfaatnya oleh semua pihak, ” harap Fatah. 
 
Peringatan HKSN 2021 masih dalam suasana pandemi Coivd-19, sehingga diingatkan agar melaksanakan Protokol Kesehatan (Prokes) dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan tidak berkerumun.  
 
“Kita juga masih dihadapkan pada bencana alam seperti banjir rob dan curah hujan tinggi serta adanya pengaruh letusan Gunung Semeru di Pulau Jawa dan berbagai bencana lainnya di penjuru negeri,” ungkapnya.
 
Kemensos menyerahkan bantuan kearifan lokal Rp 100 juta @Rp 50 juta untuk Sanggar Rudat al Badoh di Desa Zed dan Sanggar Perguruan Persilatan "Pulau Kelapa" Sungailiat Kab Bangka oleh Gubernur Babel.
 
Selain itu, juga ada penyerahan bantuan sosial dana hibah, hadiah tidak tertebak/hadiah tidak diambil pemenang kepada Yayasan Pendaki Sehati Babel berupa 1 unit kulkas 2 pintu. 
 
TKSK Kecamatan Merawang, Yahya, mengatakan selain bantuan dari Kemensos, juga ada bantuan dari lembaga kemanusiaan berupa 150 paket sembako dari Baznas melalui PT Pos Indonesia, Asia Muslim Charity Foundation (AMCF) Jakarta, memberikan 3 kursi roda, 50 alquran, 50 paket buku iqro untuk anak-anak taman pendidikan Alquran, serta peci dan jilbab. 
 
Peringatan HKSN ke-64 tahun 2021 dipusatkan di Provinsi Kepulauan Babel dengan tema, “Perkokoh Solidaritas Sosial Indonesia Sejahtera,” yang bermakna di tengah pandemi Covid-19 perlu menjalin solidaritas untuk memperkuat ketahanan sosial. 
 
Kesetiakawanan sosial sebagai modal sosial mewujudkan Indonesia tangguh dan tumbuh untuk memperkuat integrasi sosial, berkomitmen memecahkan tantangan bersama, menuju Indonesia Sejahtera.
 
Biro Hubungan Masyarakat
Kementerian Sosial RI

 

Penulis :
Biro Humas


Sumber : Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Sosial RI
Posting : Kurnia Angga, Dit Jaminan Sosial Keluarga
Tanggal : 2021-12-15


Bagikan Berita