PROGRAM KELUARGA HARAPAN

Meraih Keluarga Sejahtera

Usaha Mandiri Meretas Jalan Graduasi


Posting :
Tanggal : 2020-01-20


Bagikan Cerita

Keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan yang mengalami perubahan ekonomi menjadi lebih baik atau sejahtera mendorong diri menyampaikan ke fasilitator (pendamping sosial) untuk mengundurkan diri dari kepesertaan.

Hal membahagiakan tentunya, di sela pertemuan peningkatan kemampuan keluarga momen pertemuan sebulan sekali tersebut disambut ceria dan menginspirasi keluarga penerima manfaat lainnya untuk graduasi. Pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (p2k2) materi pencegahan kekerasan dan eksploitasi anak dilaksanakan di Temas kota Batu.

Ibu Ririn Sutanti, Warsini dan Dewi Lismawati menyatakan graduasi sejahtera mandiri melalui usaha yang ditekuni, kemandirian ekonomi ini lah alasan mereka menyampaikan keluar dari kepesertaan Program Keluarga Harapan.

Graduasi sejahtera mandiri Program Keluarga Harapan kota Batu

Beragam usaha ketiganya cukup diapresiasi positif untuk ditiru karena mulai dari tidak ada sampai beromset jutaan seperti Bu Ririn Sutanti, tinggal di jalan Wukir RT 02 RW 11 Temas kota Batu.

Profil Ringkas Potret Usaha Membuka Jalan Graduasi

Pertama, beliau tinggal di jalan Wukir RT. 03 RW. 02 kelurahan Temas kota Batu. Pertemuan peningkatan kemampuan keluarga Program Keluarga Harapan aktif diikuti setiap bulannya.

Keluarga penerima manfaat 2018 tersebut memiliki usahajahitan di rumah. Melalui usaha ini lah beliau ditemui pendamping sosial dan ketua kelompok sewaktu kunjungan rumah menyatakan keluar atau mengundurkan diri dari kepesertaan Program Keluarga Harapan.

Graduasi sejahtera mandiri dampingan Erma Yustina

Program Keluarga Harapan kota Batu

Kedua, kisah inspirasi keluarga penerima manfaat 2018 berikut menyatakan graduasi atau mengundurkan diri dari kepesertaan Program Keluarga Harapan.

Bertempat tinggal di jalan Wukir Gang 4 RT. 04 RW. 011 kelurahan Temas kota Batu, no. Program Keluarga Harapan 357901017060440 menekuni usaha jualan bakso, aneka menu makanan matang seperti rujak, tahu telor, soto, tempura. Omset sekarang berjalan tahun kedua mencapai empat juta lima ratus ribu per bulan.

Pendamping sosial Erma Y kunjungan rumah ke keluarga penerima manfaat graduasi sejahtera mandiri

Inspirasi keluarga penerima manfaat yang sudah sejahtera dan memiliki usaha mandiri sehingga secara ekonomi sudah bisa mandiri. Beliau tinggal di jalan Wukir RT. 02 RW. 11 Kelurahan Temas kota Batu.

Pendamping sosial Erma Yustina melakukan kunjungan rumah didampingi ketua kelompok Bu Umi M menuju keluarga penerima manfaat yang menyatakan pengunduran diri dari kepesertaan Program Keluarga Harapan.

Ibu Ririn Sutanti didampingi suami menandatangi berita acara graduasi sejahtera mandiri.

Graduasi Sejahtera Mandiri dampingan Erma Yustina Program Keluarga Harapan kota Batu

Merintis usaha dari nol dengan semangat ingin lebih baik lambat laun usaha yang ditekuni keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan ini menekuni jualan nasi goreng dan kerjasama dengan go food. Mulai pertengahan 2014 merintis usaha, sekarang omset sudah mencapai enam juta per bulan.

Semoga sikap ini mendorong keluarga penerima manfaat lainnya yang telah mengalami perubahan sosial ekonomi untuk graduasi baik mampu, mandiri atau sejahtera mandiri.

 

Salam SIP PKH

Peksos supervisor Program Keluarga Harapan Kota Batu

Moch. Ferry Dwi Cahyono