PROGRAM KELUARGA HARAPAN

Meraih Keluarga Sejahtera

Pastikan Bansos PKH sampai ke tangan KPM


Posting : Kurnia Angga
Tanggal : 2021-01-21


Bagikan testimoni

Kota Magelang, 21 Januari 2021

Pendamping melakukan homevisit ke beberapa rumah KPM di Kelurahan Kramat Utara, Kecamatan Magelang Utara.  Tujuan Homevisit ini untuk memastikan apakah bantuan PKH sudah diterima dan dicairkan oleh KPM, karena KPM tersebut belum melaporkan pencairan bantuan. KPM yang saya kunjungi merupakan KPM perluasan 2020 yang bisa dikatakan terbilang baru menjadi Peserta PKH. Sehingga Pendamping perlu menjelaskan secara langsung mengenai salah satu kewajiban KPM untuk melakukan pelaporan pencairan. Terlebih pencairan di Tahap 1 Tahun 2021 ini, KPM diwajibkan berswafoto memegang KKS dan uang bantuan, sebagai bukti bahwa bantuan sudah diterima langsung oleh penerima manfaat. Oleh Karena itu pendamping merasa perlu melakukan pendekatan lebih karena minimnya pertemuan bulanan.

Selain memastikan KPM yang bersangkutan tetap sehat dan mamastikan bantuannya diterima, Pendamping juga mengajak KPM membagi ceritanya tentang kegiatan anak selama pandemi. Pendamping juga memastikan apakah bantuan yang diterima sesuai dengan komponen tertanggung,  serta menanyakan  adakah kesulitan yang dialami KPM saat melakukan pencairan.

Kegiatan homevisit ini juga menjadi sarana edukasi kepada KPM untuk melakukan tatacara pencairan bantuan, terutama bagi KPM baru. Bagi KPM yang tidak memiliki gadget atau tempat tinggalnya berjarak jauh, maka pendamping membantu untuk berswafoto kegiatan pencairan. Saat ini, semua KPM PKH di Kelurahan Kramat Utara telah melakukan pencairan yang sudah dilengkapi dengan foto memgang kartu dan uang bantuan, one picture for one person.

Pendamping juga menekankan kepada KPM apabila mendapati kesulitan terkait PKH maka KPM wajib secara langsung menghubungi pendamping, dan tentunya mengingatkan KPM bahwa PKH bukan bantuan yang cuma-cuma, KPM harus memenuhi kewajiban yang nantinya akan berpengaruh pada bantuan. Dimasa pandemi ini saya menekankan keep in touch dengan KPM dengan cara mewajibkan KPM melaporkan semua hal yang terkait PKH, minimal dengan pelaporan bantuan pertahap dan merespon masalah KPM dengan mengunjungi rumahnya.

 

Pendamping    : Jarsiyana Dienty Sari

Lokasi Tugas   : Kecamatan Magelang Utara

                        Kota Magelang